Tips & Trik Ampuh Untuk Membuat Sepatu Awet




Setiap Orang pasti punya sepatu, dari yang 50rb-an sampai yang berjuta juta, berapapun harganya pasti kita gak mau sepatu tersebut cepat rusak kan, nah oleh karena itu si alien punya beberapa tips ampuh untuk membuat sepatu lebih awet

I .Menyiapkan Sepatu Sebelum Disimpan



1. Bersihkan sepatu. Menyimpan sepatu dalam kondisi kotor bisa membuatnya rusak, apalagi untuk sepatu berbahan kulit. Sempatkan untuk membersihkan sepatu kamu sebelum menyimpannya, walaupun kamu pasti akan memakainya kembali besok. Jangan lupa untuk mengeringkannya dulu jika kamu membersihkannya dengan air.
  • Bersihkan sepatu kulit dengan cara menggosoknya dengan sikat yang tidak kasar. 
  • Gunakan alat pembersih khusus untuk membersihkan bekas noda lainnya.
  • Untuk sepatu berbahan kanvas (seperti pada sepatu kets), gunakan air dan sabun untuk menghilangkan noda.
  • Bersihkan sepatu berbahan plastik dengan air dan sabun.


2. Susun berdasarkan keperluan dan musim. Jika sebelumnya kamu hanya meletakkan dan menumpuk sepatu kamu begitu saja, ini saatnya untuk berubah. Urutkan sepatu kamu berdasarkan keperluan dan musim agar lemari mu rapi dan kondisi sepatu kamu tetap terjaga dengan baik.

  • Tempatkan sepatu hak tinggi atau sepatu untuk keperluan formal lainnya secara berdekatan.
  • Tempatkan juga sepatu untuk musim dingin atau hujan berdekatan.
  • Tempatkan sendal dan alas kaki santai lainnya berdekatan.
  • Terakhir, tempatkan sepatu santai dan sepatu olahraga berdekatan.

3. Siapkan tempat penyimpanan dengan suhu stabil dan terhindar dari sinar matahari. Sepatu mu bisa terjaga kondisinya jika disimpan jauh dari sinar matahari atau suhu yang terlalu dingin atau panas. Tempat terbaik untuk menyimpan sepatu adalah di dalam lemari yan memiliki suhu stabil dan tidak terkena sinar matahari. Jika tidak ada lagi tempat untuk sepatu di lemari kamu, simpan di bawah tempat tidur atau di rak khusus.

Jangan simpan sepatu di ruang bawah tanah, garasi, atau tempat manapun yang rawan memiliki suhu ekstrim. Sepatu mu bisa rusak.


4. Isi dengan kertas yang tidak mengandung asam. Jika sepatu kamu akan disimpan dalam waktu lama, isi sepatu dengan kertas agar bentuknya tetap terjaga. Pastikan bahwa kertas kamu tidak mengandung asam, karena asam bisa merusak bahan sepatu. Hindari juga kertas koran, karena tintanya bisa saja menempel pada sepatu mu.

  • Kamu bisa menggunakan kertas tisu toilet.
  • Gunakan alat khusus berbahan kayu untuk sepatu kesayangan mu. 
  • Jika kamu punya sepatu kulit yang bagus dan mahal, gunakan alat ini untuk menjaga bentuk dan kondisinya. 
  • Selain menjaga bau sepatu dan mengusir ngengat karena terbuat dari kayu cemara. kamu bisa membeli alat ini secara online.


5. Untuk sepatu boots, simpan dalam posisi terbalik. Jika kamu ingin menyimpan sepatu boots, gunakan gantungan khusus boots agar bisa tersimpan dalam posisi terbalik. Jika sepatu boots disimpan dalam posisi biasa, bagian atasnya akan turun, dan itu bisa memberikan bekas lipatan yang permanen jika disimpan dalam waktu lama. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan dua botol kosong yang cukup besar (seperti botol anggur) untuk menyimpannya secara terbalik.




                                    II .Mencari Tempat Penyimpanan yang Tepat



1. Siapkan keset khusus untuk sepatu yang digunakan tiap hari. Jika kamu dan keluarga punya sepatu atau alas kaki yang digunakan hampir tiap hari, menyimpannya di atas keset adalah cara mudah untuk menyimpannya secara rapi. Letakkan keset tersebut di dekat pintu, dan ingatkan anggota keluarga mu untuk menyimpan sepatunya secara rapi di tempat tersebut agar mudah ditemukan dan enak dipandang.
  • Kamu juga bisa menyiapkan lemari penyimpanan sepatu untuk tujuan yang sama. 
  • Gunakan lemari ini khusus untuk sepatu yang sering digunakan, seperti sepatu sekolah atau sepatu olahraga.
  • Siapkan tempat khusus untuk sepatu yang basah, seperti keset di beranda atau di luar rumah yang kering.



2. Gunakan rak sepatu. Jika koleksi sepatu mu cukup banyak, kamu perlu tempat penyimpanan tambahan untuk sepatu yang jarang kamu gunakan. Siapkan rak untuk sepatu agar kamu bisa menyusun sepatu dengan rapi. Gunakan rak berbahan plastik atau kayu dan kelompokkan sepatu berdasarkan keperluannya.



3. Simpan sepatu di kantung sepatu yang bisa digantung. Jika tidak punya tempat penyimpanan, gunakan kantung sepatu yang bisa digantung di dinding untuk menyimpan sepatu. Cara ini cukup menghemat tempat dan cukup rapi.



4. Simpan di dalam kotak untuk penyimpanan yang lebih lama. Jika kamu tidak akan menggunakan sepatu dalam waktu sebulan atau lebih, simpan sepatu tersebut di dalam kotak. Kamu bisa menggunakan kotak aslinya, atau menggunakan kotak penyimpanan lain berbahan plastik yang tembus pandang untuk memudahkan mengenali sepatu tersebut.
  • Jika kotak sepatu sudah tidak ada, gunakan kotak lain dengan ukuran yang sama.
  • Bungkus sepatu dengan tisu yang tidak mengandung bahan asam untuk menjaga kondisinya.
  • Gunakan juga gel silika yang bisa peroleh di toko kerajinan untuk menjaga kondisi sepatu


                                             III .Apa yang Harus Anda Hindari


1. Jangan menyimpan sepatu dalam kondisi basah. Jangan pernah menyimpan sepatu dalam kondisi basah, seterbuka apapun tempat penyimpanan itu. Tunggu sepatu itu kering. Sepatu basah akan berjamur dan bau jika langsung disimpan begitu saja. Keringkan sepatu Kamu di tempat kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik sebelum menyimpannya.



2. Jangan membungkus sepatu kulit dengan plastik. Sepatu kulit harus terkena udara ketika disimpan. Membungkusnya dengan plastik akan membuatnya berjamur atau berubah warna. Bungus dengan tisu yang tidak mengandung asam.



3. Jangan gunakan kapur barus. Kapur barus terbuat dari bahan kimia beracun yang meskipun mengusir ngengat, tapi juga berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Selain itu, baunya juga akan menempel di sepatu dan sulit hilang. Gunakan pengharum lemari dengan bahan alami sebagai pengganti.



4. Jangan tumpuk sepatu di atas sepatu lainnya. Banyak orang yang menyimpan sepatu dengan cara menumpuknya agar menghemat tempat. Cara ini bisa untuk menyimpan sendal, tapi tidak untuk sepatu karena bisa membuat sepatu kamu lama kelamaan kehilangan bentuknya. Susunlah sepatu bersebelahan seperti biasa, jangan ditumpuk, bagaimanapun posisi menumpuknya.


Semoga bermanfaat (^^)b