12.03.00 -

Istilah – Istilah di Anime & Manga

 


Anime : Tidak perlu jauh-jauh, kata “anime” yang sering kita ucapkan/dengar contohnya. Kata yang satu ini merupakan adaptasi dari kata animation yang oleh orang Jepang sana ucapannya menjadi “animeshon”, dan popular hingga saat ini menjadi “anime”. Dalam perkembangannya, kata “anime” digunakan untuk menyebutkan animasi Jepang.



Otaku : Istilah anime yang biasa digunakan untuk seseorang yang sangat menyukai sesuatu, bahkan cenderung fanatik.


Manga : マンガ. Istilah Anime ini Merupakan kata komik dalam bahasa jepang. Di luar jepang, istilah ini dipakai khusus untuk membicarakan komik dari jepang.


Manhua : komik buatan Hongkong/China


Manhwa : komik buatan Korea


Yon koma manga / Komik 4 panel : contoh komik yg mnggunakan sistem ini: Lucky star, K-on, komik jadul sperti Kobo-chan dan Kariage-kun.


Baka : bodoh / idiot


Cosplay / Costum Play : meniru tokoh/karakter tertentu dari anime/manga, mulai dari kostum, perlengkapan, tata rias, bahkan kadang sampai adegan pertarungan.

Bishojo : Istilah Anime ini secara harafiah berarti “cewek muda yang cantik”

Bishounen : Istilah Anime ini secara harafiah berati “cowok muda yang tampan(atau bisa dibaca cantik!)

Chibi : Istilah Anime ini berarti kecil atau cebol. Atau sering disebut dengan super – deformed. Istilah ini digunakan untuk karakter anime yang digambar dengan bentuk kerdil yang lucu dengan proporsi kepala lebih besar daripada badan.


Doujinshi : Cerita yang dibuat oleh fans atau komikus amatir berdasarkan manga, anime, game atau novel yang sudah populer. Ceritanya berkisar pada parodi atau lanjutan kisah yang merupakan imajinasi dari si pembuat doujinshi itu sendiri.


Ero oyaji : Istilah Anime ini biasanya sebutan ini dipakai untuk menyebutkan cowok paruh baya (om-om) yang maniak cewek seksi.


Fan art : Istilah Anime ini merupakan gambar kreasi dari karakter anime atau manga yang disukai. Bisa juga sebagai gambar karakter dari yang dihasilkan oleh para fans.


Fan fic : Atau fanfiction/fic/ffn/fanfic. Istilah Anime ini merupakan singkatan dari fan fiction yaitu cerita karangan fans dengan menggunakan tokoh atau memodifikasi jalan cerita dari sebuah manga atau anime.


Fanservice : Hal-hal yang ditujukan sebagai daya tarik karena disukai oleh para fans namun tidak berhubungan dengan jalan cerita. Fanservice untuk fans cowok seperti memperlihatkan bagian tubuh, seperti memperlihatkan karakter cewek yang sedang berganti baju, rok yang tersingkap, atau yang memakai bikini (tapi tidak nude!!). fanservice untuk fans cewek seperti memperlihatkan karakter cowok yang bishonen.


Gosurori/GothLoli/Gothic Lolita : Sebuah trend fashion yang diinspirasi dari gaya berpakaian anak-anak zaman “Victorian”.


Hikkikomori : Istilah Anime ini artinya adalah menarik diri. Artinya adalah seseorang yang menolak untuk bersosialisasi. Istilah Anime ini lekat dengan otaku


Kawaii : Cute.sesuatu yg imut, menggemaskan


Keitai shousetsu : Mobile phone novel. Novel yang dimuat oleh situs-situs yang bisa diakses dari HP.


Lemon : Istilah Anime ini ditujukan pad fanfic yang dibuat yang mengandung materi “dewasa”


Lolicon : Istilah Anime ini merupakan singkatan dari Lolita compleks. Ini menunjukkan obsesi terhadap karakter yang manis dan imut dan pada umumnya karakter tersebut bertubuh kecil seperti kanak-kanak namun tidak dibatasi oleh umur.


Mangaka : Orang yang membuat manga. Bahasa Indonesianya adalah komikus.


Manga scan : Manga yang di scan dan biasanya banyak beredar di internet.


Mecha : Istilah Anime ini berasal dari kata “mechanical”. Digunakan sebagai istilah dalam manga atau anime yang menampilkan karakter robot. Istilah ini paling lekat dengan anime gundam.


Moe : Bahasa slang jepang yang berarti “daya tarik” dari karakter anime atau manga yang membuat seseorang sangat “ingin” melindungi karakter tersebut. Moe! Juga sering dipakai sebagai kata seru. Kebanyakan moe itu cewek.


Moso musume : istilah Anime ini untuk cewek yang suka berkhayal.

Nijikon : Istilah Anime ini singkatan dari “Nijigen komperekkusu”. Suatu istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi pada model karakter 2 dimensi.

Otomen : Istilah Anime ini merupakan gabungan 2 kata yaitu “otome” yang berarti cewek muda dan “men” yang berarti cowok. Definisi dari seorang berfisik cowok tapi hatinya selembut cewek.


OVA : (Original Animated Video) adalah anime yang langsung dirilis dalam bentuk video dan tidak ditayangkan di bioskop atau di televisi terlebih dahulu. Kadang disebut juga OAV (original animated video).


Seiyuu : dubber atau pengisi suara dalam bahasa jepang.

Shotacon : (Shoutarou komperekkusu) istilah Anime ini dalam bahasa jepang yang menggambarkan ketertarikan pada anak lelaki dibawah umur (seperti istilah “brondong” dalam bahasa indonesia). Dipakai juga untuk orang yang tertarik pada anak lelaki di bawah umur. Contohnya dalam anime/manga “Mahou Sensei Negima”, dimana tokoh utamanya Negi Springfield adalah bocah berusia 11 tahun di tengah-tengah siswi yang berusia 3-4 tahun diatasnya


Tankoubon : Format manga yang berbentuk satu buku tersendiri yang biasa kita lihat (kalo ga ngerti, di indonesia dipakai istilah volume). Di jepang, suatu manga di terbitkan per chapter di majalah kumpulan manga seperti Nakayoshi atau Shounen jump. Setelah itu baru dirilis tankoubonnya jika judul tersebut dirasa sudah terkenal atau jumlah chapternya sudah mencukupi.

Tokusatsu : suatu istilah dalam bahasa jepang untuk spesial effect dan digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horor/live action produksi jepang. Istilah ini mengacu pada film/dorama live action super hero, seperti Kamen Rider, Ultraman, Super Sentai yang lebih banyak menggunakan efek.


Tsundere : istilah jepang untuk menyebutkan karakter yang pada awalnya galak, dingin, cuek atau sifat negatif lainnya. Namun berkembang menjadi manja, rapuh, penyayang dan secara emosional sangat lemah dan ingin dilindungi.Yandere : lawan dari tsundere. Karakter yang mempunyai sifat manis, namun pada akhirnya berubah menjadi brutal dan sadis.


Ero : hal – hal yang berbau erotisme.


Crossover : Persilangan dua seri atau lebih, banyak dijumpai dalam doujinshi, tapi ada pula yang sengaja dibuat oleh mangaka untuk memperingati hari tertentu.


Maid : Pelayan atau pembantu yang biasa diperkerjakan di rumah2 bangsawan inggris. Seiring banyaknya anime/manga yang menggunakan karakter ini, maid menjadi sangat populer di Jepang.
Maid Cafe / “Meido Cafe” : Salah satu cosplay cafe terpopuler.
Adalah cafe atau restoran yang pelayan/waitress-nya menggunakan baju Maid dan melayani pelanggan seakan2 melayani tuannya di rumah.


Miko : Pendeta wanita di kuil jepang.


Neko : kucing.


ONA/”Original Net Animation” : Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming. Cth: Penguin Musume, Bounen no Xam’d, The Melancholy of Suzumiya Haruhi-chan.


Ahoge : Rambut menjulang ke atas melawan gravitasi bumi.
Contoh pemilik rambut ahoge: Araragi(Bakemonogatari), Konata(Lucky Star), Aka-chan (Seitokai no Ichizon)


All Hail : Semacam penghormatan, bisa diartikan “Long life!” atau “Hidup!”
All Hail dipopulerkan di anime Code Geass, dari kata All Hail Britannia.


Buruma/”Bloomers” : Celana bawahan yang dikenakan karakter perempuan saat berolahraga.


Comiket / “Comic Market” : Pameran atau book fair yang diadakan di Jepang setahuun dua kali, selalu dijejali penggemar komik.


Fetish : Minat, kesukaan yang spesifik akan suatu hal, baik anggota tubuh, sifat, keadaan, dll.


Figurin/”Action Figure” : Patung/cetakan yang menyerupai satu karakter anime dengan pose tertentu yang dibuat menggunakan plastik atau bahan lain.


E/Ero/Ecchi : Diibaratkan batas antara Hentai dan non Hentai. Biasa menunjuk pada manga/anime yang menampilkan banyak fanservice untuk menarik perhatian fans.


Gender Bender : Cewek berubah jadi cowok, cowok berubah jadi cewek,
*Sebenarnya TRAP atau cewek pakai pakaian cowok, cowok pakai pakaian cewek juga tergolong di genre ini.


Harem : Suatu seri dimana satu karakter cowok dikerubutin beberapa karakter cewek.





Reverse Harem : kebalikannya, beberapa cowok tertarik ama satu cewek.





Hentai : 18++, penuh konten seksual.


Josei : Pengertian Josei adalah Perempuan muda.
Manga dan anime yang ditargetkan pada perempuan usia 18-30 tahun/tingkat kuliah. Setingkat dengan seinen, cerita romancenya lebih realistis, dengan cerita lebih dewasa dan eksplisit.


Seinen : Pengertian Seinen adalah Laki-laki muda.


Manga dan anime yang ditargetkan pada laki-laki/pemuda usia 18-25 tahun. Dimana ceritanya dibuat untuk menarik golongan mahasiswa atau yang sudah berada di dunia kerja . Biasanya cerita berkisar dalam dunia nyata dan pendewasaan diri.


Shounen : Seri yang ditujukan terutama bagi laki-laki, dimana biasanya mengandung pertarungan dan kekerasan. Meski untuk laki-laki, peminat yang baca cewek juga banyak.


Shoujo : Seri yang ditujukan terutama untuk wanita. Biasanya merupakan kisah romantis, dan terdapat pengembangan karakter yang kuat dalam cerita.


Shoujo Ai : Seringkali disamakan dengan yuri. Bedanya cuma ini lebih halus, sedikit lebih tidak ekstrim dibanding yuri / “Soft Yuri”
Shounen ai : Seringkali disamakan dengan yaoi. Bedanya cuma ini lebih halus, sedikit lebih tidak ekstrim dibanding yuri / “Soft Yaoi”


Yuri : Seri tipe ini mengulas hubungan yang intim antar wanita dengan wanita.


Yaoi : Kebalikan dari “Yuri”Seri tipe ini mengulas hubungan yang intim antar alaki-laki dengan laki-laki.


Yangire : Mirip Yandere, karakter dengan kejiwaan terganggu, dimana emosinya bisa tiba2 meledak / menjadi orang tanpa belas kasih sedikitpun.


Kuudere : Karakter yang jarang berbicara, memiliki kesan cool, seakan2 tak memiliki emosi, karena kedewasaan atau memang sifatnya yg misterius.


Dandere : Dan-Danmari=Calm. Berbeda tipis dengan Kuudere, lebih dikarenakan sifatnya yang pemalu.


Fujoshi : “rotten girl / fallen woman”. Sebutan untuk cewek” penggemar Yaoi, shounen ai.


Fudanshi : Sebutan untuk cowok pnggemar yuri, shoujo ai.


Futa/Futanari : “Two From” atau “Hermaprodhite”. Karakter dengan dua kelamin. oWo


Guro : biasanya guro bergabung dengan horror, tapi sebenarnya, guro adalah istilah untuk cerita yang banyak menampilkan, adegan2 DP seperti organ tubuh manusia tercerai berai, potong sana, potong sini.


Meganeko/”Glasses Girl (Megane(Glasses)+Ko(Girl)” : Karakter Perempuan dengan kacamata


Nekomimi / “Catgirl” : Karakter perempuan dengan telinga kucing dan atau ekor kucing.


Omake : corat coret gambar atau kata2 dari pngarang di akhir tankoubon, biasanya tidak brhubungan langsung dengan jalur crita.


Petanko/Flat Chested Girl : Karakter dengan bntuk tubuh loli.


Tsurupeta / “Tsurutsuru” (smooth, polished, especially hairless) “Pettan” (flattening) : Tubuh wanita yang ‘flat’ dan ‘smooth’.


Meronko : Kebalikannya pettanko, karakter dengan ukuran dada yang besar.


Saimoe : Kontes popularitas karakter-karakter anime yang diadakan tiap tahun.


Sukumizu : Baju renang klasik yang biasa dikenakan karakter perempuan saat berenang di kolam sekolah.


Seme/Uke : Istilah dalam cerita bergenre Yaoi/Shounen ai
Seme: karakter yang menyerang-bisa diibaratkan perannya sebagai pihak Lelaki
Uke: karakter yang diserang(penerima)- peran sebagai Perempuannya


Trap : Laki-laki,biasanya berwajah cantik, yang menggunakan baju perempuan (crossdressing).
Reverse Trap : kebalikannya; Perempuan, yang menggunakan baju laki-laki.


Animelo / “Animelo Summer Live” : Konser Anime terbesar di Jepang yang dilakukan tiap tahun, pertama kali diadakan musim panas tahun 2005.


Brocon/”Brother complex” : Memiliki perasaan/ hubungan percintaan dengan saudara laki-laki
(onii-chan moe bila saudara laki-laki lebih tua)


Siscon/”Sister Complex” : Memiliki perasaan/ hubungan percintaan dengan saudara perempuan
(imouto moe bila saudara perempuan lebih muda)


Mazakon/ Oedicon/Oedipus Complex : Pria yang menyukai wanita yang jauh lebih dewasa, atau bisa juga kasus dimana jatuh cinta pada ibunya sendiri.


Fazakon : Jatuh cinta pada ayahnya sendiri.


Karesen kareta ojisan senmon(ka) : Karakter cewek yang menyukai pria dewasa yang sudah tua (jauh di atas usianya)


Tsukkomi : Satu orang berperan sebagai si pintar, berfungsi sebagai pengumpan.


Boke : Seorang lagi yang berperan sebagai si bodoh yang terus menyerocos bercerita agar penonton tertawa.


Ronin / 浪人 / rōshi : Samurai yang kehilangan atau terpisah dari tuannya (samurai tak bertuan)
Biasanya mengembara mencari tujuan hidup.
Di Jepang jaman sekarang, ronin juga berarti lulusan smu yang gagal lulus tes masuk universitas.


Sekaikei : Anime dengan plot dari sudut pandang orang pertama dan kedua. Umumnya karakter terdiri dari Hero (me), Heroine (you), dan dunia tempat mereka tinggal (the world). Biasanya menceritakan mengenai Heroine yang tindakannya dapat mempertahankan/merubah dunia, dan karakter utama yang mendukung heroine. cth: The Melancholy of Suzumiya Haruhi, Neon Genesis Evangelion, Eureka Seven.


Unlimited … works : Dipopulerkan oleh Archer/ fate stay night, dengan jurusnya unlimited blade works.


Zettai ryoiki : Gaya berpakaian dengan kaos kaki tinggi dan menyisakan sedikit kulit paha yang terlihat, Cth: Rin Tosaka dari Fate Stay Night.